Sejarah Organisasi NU


Pembaruan Islam di kota-kota tua membuat kaum tua yang ingin mempertahankan tradisi mereka untuk mendirikan organisasi. Dari golongan tradisionalisme muncullah reaksi positif tang beupa lahirnya sebuah organisasi di kalangan mereka. Dan saat itu kebetulan di Hijaz sedang dilaksanakan Kongres Islam sedunia pada tahun 1926. Ulama-ulama terkemuka pun membentuk lembaga yang bernama Jam’iyatul Nahdlatul Ulama (NU) pada tanggal 31 Januari 1926, di Surabaya. Organisasi itu didirikan oleh Kyai Haji Hasyim Ashari dan para ulama. Organisasi ini bertujuan terhadap masalah ekonomi, pendidikan, dan sosial. Organisasi ini berpegang teguh pada Ahlusunnah wal jama’ah.

Pada dasarnya NU tidak berurusan denga masalah perpolitikan. Diambillah keputusan untuk menentang perubahan-perubahan oleh para Wahabi dan kaum reformis dalam kongres yang diadakan di Surabaya pada tanggal 28 Oktober 1928. Pertentangan kaum tradisionalis dan kaum reformis itu tidak dapat dikurangi, kerjasama pun mereka lakukan dalam melakukan perubahan. NU adalah organisasi yang aktif merubah cara berkhotbah mereka dari bahasa Arab menjadi bahasa daerah agar mudah dipahami agar mudah dipahami oleh jamaahnya. Perubahan tersebut memberikan dampak positif bagi para jama’ahnya. Cara berpikir mulai dirubah oleh organisasi ini dengan perbaikan di bidang sosial dengan mulai mendirikan rumah sakit, sekolah, rumah yatim piatu, dan merubah organisasi menjadi lebih modern. Satu hal penting lagi adalah bangkitnya nasionalisme modern, yakni nasionalisme non kesukuan yang merupakan modal penting dalam pembentukan bangsa dan Negara di hari yang akan datang.

Ditahun 1935 NU mulai berkembang dengan pesat dengan adanya cabang-cabang yang berjumlah 68 cabang dan 6.700 anggota. Dalam kongres di Menes, Pandeglang, banten pada tahun 1938 NU berusaha memperluas pegaruhnya di seluruh pulau Jawa.  Wanita Nahdlatul Ulama Muslimat dan organisasi pemudanya Organisasi Ansor pun dibentuk pada tahun 1940 dikongres di Surabaya.


0 Response to "Sejarah Organisasi NU"

Post a Comment